Wow, Inilah Manfaat Kemiri untuk Jantung

Jumat, 27 Juli 2012, 08:07 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, Meski diketahui mengandung minyak dalam kadar tinggi, kemiri ternyata berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan tim dari New Mexico State University, Las Cruces, menunjukkan kemiri mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL, low density lipoprotein) yang ada dalam darah.

''Para ahli gizi dan dokter selama ini menganjurkan untuk menghindari kacang-kacangan karena kadar lemaknya yang tinggi. Tapi sebetulnya orang tidak perlu terlalu khawatir, karena kacang sebenarnya bisa menjadi bagian dari diet sehat,'' kata Dr Wanda A. Morgan, salah seorang anggota tim peneliti.

Sekitar 53 persen dari kemiri adalah lemak. Namun lemak tersebut adalah lemak tak jenuh yang bukan cuma mampu menurunkan kadar LDL, tapi juga mencegah penggumpalan darah yang merupakan biang keladi serangan jantung dan stroke. Di samping itu diketahui kemiri juga kaya serat, vitamin E, dan mineral seperti magnesium dan tembaga.

Redaktur: Endah Hapsari
Reporter: Wachidah Handasah


Sumber :
Republika Online - http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/12/07/26/m7rfpz-wow-inilah-manfaat-kemiri-untuk-jantung

Tidak ada komentar:

Translate