Rutin Makan Salmon Dapat Cegah Kanker Prostat

Selasa, 31/07/2012 07:45 WIB

Fitria Rahmadianti - detikFood

Jakarta - Ikan laut dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama ikan yang mengandung minyak seperti salmon. Peneliti menemukan satu lagi kegunaannya, yakni untuk mencegah kanker prostat. Maka sebaiknya konsumsi ikan tiap hari.

Dalam American Journal of Epidemiology tertulis bahwa penderita kanker prostat yang paling banyak mengonsumsi minyak ikan omega-3 memiliki kemungkinan paling kecil untuk meninggal akibat penyakit tersebut.

Tim dari Harvard School of Public Health di Amerika Serikat meneliti 525 pria dari Orebro County, Swedia, pada 1989. Semuanya menderita kanker prostat. Pria yang rata-rata berusia 70 tahun ini ditanyai mengenai kebiasaan makan mereka, termasuk konsumsi dari berbagai jenis lemak.

Dua puluh tahun kemudian, peneliti menghubungi partisipan lagi untuk memantau angka ketahanan hidup. Ternyata, pada Maret 2011, sebanyak 222 pria telah meninggal akibat kanker prostat dan 268 orang meninggal karena penyebab lain.

Peneliti membandingkan penyebab kematian dengan kebiasaan makan mereka. Para ahli menarik kesimpulan bahwa pria yang rutin mengonsumsi ikan yang mengandung minyak, 34-40% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal akibat kanker prostat.

Studi jangka panjang ini juga mengungkap bahwa pasien yang paling banyak mengonsumsi lemak jenuh memiliki resiko kematian akibat tumor dua kali lebih tinggi dibanding yang mengonsumsi dalam jumlah sedikit. Resiko tersebut meningkat seiring bertambahnya umur, sehingga pria yang berusia di atas 50 tahun lebih tinggi risikonya terkena tumor. Faktor genetis juga berperan kuat dalam masalah ini.

Di Inggris, 40.000 kasus kanker prostat terdiagnosis setiap tahunnya. Dari angka tersebut, 10.000 pria meninggal setiap tahun atau setara dengan lebih dari satu orang meninggal per satu jam.

Peneliti melihat bahwa makanan memiliki efek kuat terhadap tumor di awal pertumbuhannya. "Konsumsi ikan memiliki efek perlindungan sederhana terhadap risiko kanker prostat dan perkembangannya, juga terhadap kematian akibat penyakit tertentu," ujar peneliti, seperti dikutip dari Daily Mail.

Juru bicara tersebut menambahkan, pada tahap awal perkembangannya, tumor lebih responsif terhadap faktor makanan. Pola makanpun dapat memengaruhi prognosis setelah diagnosis kanker stadium awal.

Tahun lalu, sebuah riset yang dikerjakan oleh University of California menemukan bahwa minyak ikan mengurangi jumlah sel yang dapat membelah diri dengan cepat dalam jaringan kanker prostat. Hal ini berpotensi mengurangi kemungkinan penyakit menyebar ke bagian tubuh lain.

(flo/odi)


Sumber :
Detik.com - http://food.detik.com/read/2012/07/31/074524/1978906/900/rutin-makan-salmon-dapat-cegah-kanker-prostat?dthlutama

Tidak ada komentar:

Translate