Ganggang Laut Cegah Karies Gigi

Oleh: Santi Andriani
gayahidup - Kamis, 12 Juli 2012 | 19:17 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Para peneliti dari Newcastle University menyimpulkan bahwa bakteri bacillus licheniformis, organisme yang hidup di ganggang laut ternyata dapat mencegah karies gigi yang berpotensi menjadi lubang pada gigi.

Awalnya, studi ini tidak ada hubungannya dengan kesehatan manusia khususnya untuk gigi. Seperti dilansir dari geniusbeauty.com.

Melainkan penelitian dilakukan untuk mencari tahu apakah lambung kapal bisa secara efektif dibersihkan dari koloni organisme patogen dengan bantuan mikroorganisme, salah satunya dengan ganggang laut.

Tetapi hal ini ternyata tidak sulit membuat analogi dengan gigi, karena plak pada gigi biasanya terdiri dari bakteri, yang membentuk koloni dan menggantikan setiap 'pesaing' lain, yang ingin tinggal di sana.

Namun sikat gigi tidak dapat selalu memberikan perlindungan yang handal, karena tidak bisa menjangkau daerah-daerah tertentu (sela antara gigi), tempat bakteri menumpuk.

Menurut Dr Nick Jakubowicz, yang memimpin studi yang dilakukan ilmuwan Inggris, tes laboratorium tmenunjukkan bahwa menggunakan enzim Bacillus licheniformis orang bisa mencoba untuk menghapus plak yang tidak diinginkan dengan menambahkan mereka ke pasta gigi, larutan kumur dan bilasan untuk gigi palsu. [mor]


Sumber :
Inilah.com - http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1881900/ganggang-laut-cegah-karies-gigi

Tidak ada komentar:

Translate