Jangan Lupakan Dua Makanan Ini dalam Menu Anda, Apa Saja?

Kamis, 26 Juli 2012, 15:11 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, Menambahkan sayur dan buah-buahan dalam daftar menu makanan sangat dianjurkan. Sebab, hal itu baik bagi kesehatan jantung.

Sayuran dan buah-buahan diharapkan bisa mengurangi tingkat konsumsi daging dan produk susu. Pada gilirannya, asupan lemak jenuh pun akan berkurang. Di samping itu, sayur dan buah juga memberi lebih banyak vitamin bagi tubuh. Tak cuma vitamin E tapi juga vitamin C dan B.

Sehubungan dengan itu, tersebutlah apa yang dinamakan phytochemical. Ini adalah zat yang berasal dari tumbuhan yang punya peran penting dalam mencegah penyakit jantung. Dalam hal ini ada dua kelompok besar phytochemicals, yakni karotenoid dan flavonoid. Kelompok pertama (karotenoid) banyak terdapat pada sayuran atau buah berwarna oranye. Sementara flavonoid banyak terdapat pada bawang putih, brokoli, anggur merah dan teh.

Seperti vitamin E, flavonoid dan karotenoid berfungsi sebagai antioksidan, menjaga kolesterol jahat (low-density lipoprotein, LDL) dan trigliserida agar tak teroksidasi oleh radikal bebas.

Redaktur: Endah Hapsari
Reporter: Wachidah Handasah


Sumber :
Republika Online - http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/12/07/25/m7phzq-jangan-lupakan-dua-makanan-ini-dalam-menu-anda-apa-saja

Tidak ada komentar:

Translate