Almond dan Kacang Tanah Cegah Risiko Kanker Hati

Oleh: Santi Andriani
gayahidup - Minggu, 22 Juli 2012 | 13:09 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Makan kacang-kacangan tak dipungkiri memang memiliki banyak keutamaan.

Penelitian terbaru menemukan, makan makanan yang kaya asupan vitamin E itu dapat mengurangi risiko kanker hati. Seperti dilansir dari dailymail.

Khasiatnya khususnya ditemukan kacang almond, kacang tanah, kacang pinus dan aprikot kering.

Sejumlah kacang itu juga dikenal membantu mencegah rersiko terkena penyakit jantung dan kerusakan mata di usia tua.

Dr Wei Zhang, dari Shanghai Cancer Institute, menganalisis data dari 132.837 orang - termasuk 267 pasien kanker hati - di Cina yang 54 persen dari semua kanker hati di dunia terjadi.

Setelah mengumpulkan informasi tentang kebiasaan makan para partisipan, kemudian dibandingkan risiko kanker hati untuk peserta yang memiliki asupan vitamin E tinggi dengan yang tidak.

"Kami menemukan, hubungan antara asupan vitamin E dan risiko kanker hati. Pesan yang dibawa pulang adalah bahwa asupan tinggi vitamin E baik dari makanan atau suplemen tersebut terkait dengan rendahnya risiko kanker hati pada orang paruh baya atau lebih tua," katanya.

Kanker hati adalah penyebab paling umum ketiga dari kematian yang disebabkan kanker di dunia. Kanker ini paling umum kelima ditemukan pada pria dan yang paling umum ketujuh pada wanita.

Sekitar 85% dari kanker hati terjadi di negara berkembang. Studi ini dipublikasikan dalam Journal of National Cancer Institute. [mor]


Sumber :
Inilah.com - http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1885205/almond-dan-kacang-tanah-cegah-risiko-kanker-hati

Tidak ada komentar:

Translate