Minum Kopi Saat Hamil Tak Bikin Anak Hiperaktif

Penulis : Bramirus Mikail | Sabtu, 14 Juli 2012 | 12:43 WIB

KOMPAS.com - Anggapan bahwa konsumsi kopi selama kehamilan menyebabkan anak hiperaktif ternyata tidak terbukti. Demikian disampaikan oleh Loomans Eva, peneliti dari Tilburg University, Belanda, setelah mengamati lebih dari 3.400 anak berusia 5-6 tahun.

Menurutnya, anak-anak yang ibunya minum sekitar tiga cangkir kopi sehari tidak memiliki risiko lebih besar mengalami gangguan pemusatan perhatian dibandingkan ibu yang tidak minum kopi.

Namun, Eva menambahkan bahwa temuan ini bukan berarti bahwa kafein tidak berbahaya. Karena studi ini hanya fokus pada suatu masalah perilaku saja. Untuk saat ini, Eva menganjurkan supaya ibu hamil mengikuti saran dokter jika ingin mengonsumsi kopi saat hamil.

NHS merekomendasikan bahwa wanita hamil mestinya tidak mengonsumsi lebih dari 200mg kafein sehari. Tingginya kadar kafein dapat menyebabkan bayi memiliki berat badan lahir rendah, sementara terlalu banyak juga dapat menyebabkan keguguran.

Eva mengungkapkan sampai saat ini masih sedikit bukti yang menunjukkan pengaruh asupan kafein terhadap perkembangan anak. Tetapi, dari beberapa penelitian menggunakan hewan, terungkap bahwa kafein dapat mempengaruhi perkembangan otak janin dengan cara mengubah perilaku di kemudian hari. Belum dapat diketahui apakah hal ini berlaku pula untuk manusia.

Dalam riset terbarunya, Eva mengatakan bahwa konsumsi kafein selama kehamilan tidak memiliki hubungan dengan masalah perilaku. Penelitiannya melibatkan 3.439 anak-anak di Amsterdam yang ibunya telah menyelesaikan kuesioner rinci tentang gaya hidup dan faktor lainnya selama kehamilan.

Ketika anak-anak mereka berusia antara lima dan enam tahun, ibu mereka dan guru disurvei untuk mencari tahu tentang masalah perilaku. Secara keseluruhan, sekitar lima persen anak memiliki beberapa jenis masalah perilaku, seperti hiperaktif atau kurangnya perhatian. Tetapi risiko itu tidak lebih besar untuk anak yang ibunya minum kafein dalam dosis besar setiap harinya.

Eva memperingatkan bahwa masih banyak yang harus dipelajari tentang pengaruh kafein terhadap perkembangan anak dalam jangka panjang. Temuan ini dipublikasikan dalam journal Pediatrics.

Editor : Lusia Kus Anna


Sumber :zeenews
Kompas.com - http://health.kompas.com/read/2012/07/14/12431257/Minum.Kopi.Saat.Hamil.Tak.Bikin.Anak.Hiperaktif

Tidak ada komentar:

Translate