Apa Untungnya Makan Mentimun Bagi Tubuh Anda

Mungkin tak banyak yang tahu kandungan nutrisi mentimun bagi tubuh.

Pipiet Tri Noorastuti, Tasya Paramitha
Kamis, 12 Juli 2012, 15:34 WIB

VIVAlife - Siapa tak mengenal mentimun? Kita biasa menyantapnya sebagai lalapan, asinan, acar, atau jus. Banyak pula yang menempelkan irisan mentimun di mata untuk menghilangkan kantung mata. Mentimun kaya nutrisi yang mungkin belum Anda tahu.

Mentimun mengandung vitamin yang kita butuhkan setiap hari. Satu buah ketimun mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, asam folat, vitamin C, kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan zinc. Di mana, masing-masing memiliki efek positif bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat mentimun, seperti dikutip weeklysauce.com:

1. Vitamin B dalam mentimun bisa memulihkan semangat dan energi yang hilang. Tak perlu minum kopi atau energy drink, cukup mengunyah beberapa iris mentimun. Vitamin dan karbohidrat yang terkandung di dalamnya akan mendongkrak energi ekstra untuk menjalani aktivitas di sisa hari.

2. Banyak orang yang menggunakan mentimun untuk menghilangkan selulit yang ada di beberapa bagian tubuh. Cara kerjanya hampir sama dengan mentimun yang Anda gunakan untuk menghilangkan kantung mata. Ambil satu atau dua buah irisan mentimun, lalu gosokkan di bagian tubuh yang memiliki selulit.

3. Biji mentimun mengandung alkaloid hypoxanthine yang memiliki efek penyembuh. Karenanya, jangan ragu mengonsumsi mentimun beserta biji dan kulitnya untuk manfaat maksimal. Namun ingat, pastikan mentimun telah dicuci bersih sebelum menyantapnya.

4. Bagi yang sulit meredam hasrat ngemil, ambil tips dari pedagang Eropa dan penjelajah yang sering menggunakan mentimun untuk mencegah kelaparan. Potong mentimun menjadi beberapa irisan lalu makan untuk menghilangkan rasa lapar.

5. Mentimun juga ahli dalam urusan menyembuhkan hangover atau efek buruk alkohol. Konsumsi mentimun sebelum tidur. Gula, elektrolit dan vitamin yang terkandung di dalamnya akan membantu mencegah sakit kepala dan akan mengisi kembali nutrisi yang hilang dalam tubuh.
• VIVAlife


Sumber :
Viva.co.id - http://life.viva.co.id/news/read/334920-di-balik-segarnya-irisan-mentimun

Tidak ada komentar:

Translate