Konsumsi Kopi Lindungi Kulit dari Matahari

Konsumsi secara rutin akan menurunkan risiko kanker kulit.

Wuri Handayani
Minggu, 22 Juli 2012, 13:15 WIB

VIVAlife - Selain menghilangkan sakit kepala, meningkatkan konsentrasi, dan memberi suntikan energi, kabar terbaru dari manfaat kopi ini sangat menyenangkan. Memberikan perlindungan terhadap kanker kulit.
Terutama bagi wanita, yang mengkonsumsi dua cangkir kopi sehari, ini akan mengurangi resiko kanker kulit hingga 21 persen. Sedangkan pada pria, kopi akan membantu tingkat penurunan resiko pada angka 10 persen, demikian seperti dikutip dari Fox.
"Kafein adalah zat yang sangat mungkin memberikan perlindungan terhadap kanker ini," terang Jiali Han, profesor di Harvard Medical School dan Harvard School of Public Health, Boston.
Dalam sebuah studi yang dilakukan, orang-orang yang mengkonsumsi kopi secara rutin memiliki resiko kanker yang lebih rendah. Namun hasil temuan ini tidak mengartikan jika Anda terbebas dari tabir surya.
"Saya rasa kita tidak dapat berjemur berlama-lama atau menghabiskan waktu banyak untuk beraktivitas di bawah sinat matahari, hanya karena sudah mengkonsumsi kopi," papar Lorelei Mucci, ahli epidemiologi di Harvard School of Public Health.
Paparan kronis matahari atau radiasi ultraviolet adalah faktor penyebab BCC, salah satu jenis kanker kulit yang paling sering terjadi. Para peneliti menganalisis data yang dikumpulkan dari 113.000 perawat dan profesional kesehatan selama dua studi jangka panjang.
Responden diminta melengkapi kuesioner tentang diet mereka, dan memberikan informasi mengenai faktor risiko kanker, termasuk riwayat keluarga melanoma, reaksi kulit terbakar, kulit dan paparan sinar matahari langsung. Mereka juga memantau tanda-tanda kanker kulit.

Para peneliti menemukan bahwa penurunan risiko BCC terlihat pada mereka yang minum kopi. Ini termasuk juga sumber kafein lain seperti teh dan cokelat.
Selain mencegah kanker kulit, penelitian sebelumnya telah menemukan kopi sebagai penurun resiko kanker prostat, kanker payudara, dan endometrium. Kopi mempengaruhi proses tubuh melalui efek antioksidan. Membantu regulasi insulin dan dapat menurunkan peradangan. (eh)

• VIVAlife


Sumber :
Viva.co.id - http://life.viva.co.id/news/read/337661-konsumsi-kopi-lindungi-kulit-dari-matahari

Tidak ada komentar:

Translate