Ini Dia 10 Makanan yang Bisa Bangkitin Mood Kamu

Jumat, 08 Juni 2012, 13:21 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, -- Siapa yang tak menginginkan konsumsi makanan yang dapat meningkatkan 'mood'? Berikut beberapa makanan yang secara ilmiah terbukti dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

1. Salmon
Lagi-lagi ikan ini berada di urutan daftar makanan yang baik bagi tubuh. Sepotong salmon sangat kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, DHA, dan EPA. Salmon dapat memenuhi kebutuhan lemak esensial anda sehari-hari.

Lemak ini memiliki peran kuat meningkatkan kemampuan sel tubuh terkait hormon yang melibatkan suasana hati.

2. Kenari
Uniknya dari kenari adalah, ia merupakan jenis kacang-kacangan yang kaya lemak esensial. Konsumsi 10 kenari setiap hari dapat mengoptimalkan komposisi dinding sel. Tak hanya itu, kenari juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Hasilnya tubuh menjadi lebih 'ringan' dan suasana hati pun menjadi baik.

3. Telur
Telur merupakan sumber terbaik dari nutrisi vital, Kolin. Kolin terbukti memiliki sejumlah fungsi penting termasuk mengoptimalkan membran sel dan neutransmisi.

Neutransmisi ini diduga terkait dengan peningkatan energi dan suasana hati.

4. Roti Gandum
Karbohidrat rendah glycaemic index (GI) adalah pilihan penting untuk membantu mengatur kadar glukosa darah. Dengan mengatur kadar glukosa dalam tubuh akan membantu menjaga energi dan suasana hati.
Roti gandum adalah pilihan tepat makanan dengan karbohidrat rendah GI.

5. Daging Merah
Penyebab utama kelelahan pada wanita usia 24-35 adalah kurangnya zat besi. Konsumsi daging merah dalam jumlah kecil, tiga sampai empat kali seminggu dapat memenuhi kebutuhan zat besi tubuh.

Zat besi dibutuhkan untuk mengoptimalkan produksi energi.

6. Teh Hijau
Konsumsi teh hijau setiap hari bisa membantu mengatur kadar glukosa dalam darah. Selain itu konsumsi teh hijau dapat meningkatkan kewaspadaan serta mengelola keinginan mengkonsumsi makanan manis, setelah makan siang.

7. Dark Cokelat
Siapa yang dapat membantah bahwa konsumsi dark cokelat dapat meningkatkan mood? Dark cokelat mengandung antioksidan, flavonois dan fenolik phytochemical yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

8. Kopi
Memulai hari dengan kopi yang benar berdampak baik untuk meningkatkan mood. Kafein dalam kopi dapat menstimulus otak dan tubuh untuk bergerak.

Menikmati secangkir kopi bersama makanan berkarbohidrat rendah GI baik untuk mendorong energi tubuh.

9. Rumput Laut
Konsumsi sushi dengan rumput laut juga baik untuk mengembalikan suasana hati. Rumput laut sangat kaya dengan yodium dan mineral yang diperlukan untuk mengoptimalkan kelenjar tiroid.

Selain itu rumput laut juga berfungsi untuk metabolisme tubuh. Pada gilirannya konsumsi rumput laut baik untuk mengoptimalkan energi dan memperbaiki suasana hati.

10.Kacang-kacangan
Kacang-kacangan sejenis kacang kedelai menawarkan manfaat lebih. Makanan ini mengandung karbohidrat yang lambat dicerna tubuh, sehingga baik untuk mengatur suasana hati.


Redaktur: Hazliansyah
Reporter: Gita Amanda
Sumber: Couriermail.com.au
Republika Online - http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/12/06/08/m5acbq-ini-dia-10-makanan-yang-bisa-bangkitin-mood-kamu

Tidak ada komentar:

Translate