Vitamin C Pada Buah dan Sayur Cegah Penyakit Jantung

Rabu, 18/07/2012 17:16 WIB

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood

Jakarta - Saat berdiet vitamin C sangat dibutuhkan. Selain untuk membantu menurunkan berat badan, juga dapat menjaga tubuh tetap sehat. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa vitamin C yang terdapat pada buah dapat mencegah resiko penyakit jantung.

Vitamin C banyak terkandung dalam buah seperti jeruk, kiwi, blewah, strawberry dan pepaya. Selain itu juga banyak terkandung dalam sayur, misalnya seperti tauge dan selada. Manfaat baru dari vitamin C ini berhasil ditemukan oleh tim penelitian.

Para ilmuan dan ahli medis telah mengevaluasi nutrisi yang berasal dari alam. Konsumsi vitamin C harus ditingkatkan hingga 200 mg setiap harinya untuk orang dewasa. Kalau di Amerika Serikat, anjuran konsumsi vitamin C sudah ditingkatkan menjadi 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria.

Penyerapan vitamin C dalam tubuh akan membantu sistem kekebalan tubuh. Selain itu, juga berperan penting untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung atau yang biasa disebut dengan penyakit Chronic Scurvy.

“Sejumlah orang di dunia masih kekurangan konsumsi vitamin C, dan ada bukti baru bahwa vitamin ini dapat membantu mencegah penyakit kronis,” ujar Balz Frei, Profesor dan Direktur dari Linus Pauling Institute di Oregon State University.

Vitamin C juga sering dicampurkan kedalam obat resep. Beberapa ahli medis di Amerika Serikat sering melakukan ini pada pasien dengan penyakit jantung kronis. Dengan tujuan untuk menurunkan resiko penyakit.

Jumlah porsi konsumsi vitamin C perhari sebaiknya 5-9 porsi. Berasal dari buah dan sayuran, untuk sayuran bisa dimakan segar atau dikukus. Atau bisa diganti dengan konsumsi segelas jus jeruk yang menghasilkan 200 mg vitamin C.

(dyh/odi)


Sumber :
Detik.com - http://food.detik.com/read/2012/07/18/171632/1968729/900/vitamin-c-pada-buah-dan-sayur-cegah-penyakit-jantung

Tidak ada komentar:

Translate