Jangan Buru-buru Ambil Obat, Atasi Stres dengan Minyak Lemon

Jumat, 01/06/2012 17:29 WIB

Linda Mayasari - detikHealth

Jakarta, Jika Anda mengalami gangguan stres seperti gelisah dan cemas berlebihan, jangan buru-buru mengambil obat anti-depressan. Minyak lemon dapat menjadi penenang stres yang sifatnya lebih alami dan aman untuk dikonsumsi.

Minyak lemon merupakan ramuan herbal serbaguna tradisional yang telah dikembangkan di wilayah Mediterania dan secara luas dibudidayakan di seluruh Eropa. Jerman, Spanyol, Rumania dan Bulgaria adalah negara-negara yang telah menggunakan minyak lemon sebagai pengobatan herbal.

Menurut kepercayaan Yunani kuno yang dijelaskan dalam Plantarum Historia Theophrastus seperti dicatat oleh ahli biologi Yunani, minyak lemon dapat membuat hati riang dan gembira, seperti dilansir dari foxnews, Jumat (1/6/2012).

Ilmu pengobatan Yunani dan Romawi kuno menggunakan minyak lemon untuk mengobati gigitan serangga, sengatan beracun dan obat luka. Pada abad pertengahan, minyak lemon dimanfaatkan untuk menghilangkan stres dan kecemasan, meningkatkan kualitas tidur dan meringankan gangguan pencernaan.

Dalam sistem India Ayurveda, minyak lemon dinyatakan dapat mengatasi gangguan pencernaan terkait dengan kecemasan. Minyak lemon yang diminum setiap pagi akan membuat awet muda, menguatkan kinerja otak dan membuat badan lebih bersemangat.

Dokter terkenal di Swiss pernah menyatakan bahwa minyak lemon adalah obat paling mujarab yang jika digunakan secara rutin dapat membuat umur Anda lebih panjang. Di Eropa, daun dan bunga pohon lemon digunakan untuk menyegarkan ruangan.

Di masa modern sekarang ini, ekstrak lemon juga diterapkan pada bibir untuk menjaga kelembabannya. Dalam satu studi yang dilaporkan dalam Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry, penggunaan minyak lemon dapat menurunkan risiko penyakit ringan sampai penyakit Alzheimer.

Dalam salah satu penelitian, sukarelawan diminta mengonsumsi 600 mg minyak lemon selama seminggu. Sukarelawan tersebut melaporkan bahwa konsumsi minyak lemon tersebut dapat meningkatkan suasana hati, ketenangan dan kewaspadaannya. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa minyak lemon dalam hubungannya dengan obat herbal lain seperti valerian dan chamomile, dapat meningkatkan kualitas tidur.

Minyak lemon kaya akan kandungan antioksidan alami, sehingga memberikan perlindungan pada sel dan menghambat penuaan sel. Komisi kesehatan di Jerman juga menyetujui penggunaan minyak lemon untuk obat penenang stres.

Cara termudah dan paling murah untuk menikmati efek menenangkan dari minyak lemon adalah mengonsumsinya dalam teh. Jika Anda merasa gelisah, buatlah secangkir teh minyak lemon dan nikmati sambil duduk santai untuk menjauhkan diri dari stres.



(ir/ir)



Sumber :
Detik.com : http://health.detik.com/read/2012/06/01/173059/1930718/763/jangan-buru-buru-ambil-obat-atasi-stres-dengan-minyak-lemon

Tidak ada komentar:

Translate