Ini Dia Makanan Penghilang Rasa Stres

Oleh: Dahlia Krisnamurti
gayahidup - Jumat, 1 Juni 2012 | 13:30 WIB

INILAH.COM,Jakarta - Makanan yang kita makan tidak hanya memberikan rasa kenyang pada perut Anda, melainkan juga bisa meredakan stres dan cemas yang sedang melanda diri Anda.

Penasaran, makanan apa saja yang bisa menghilangkan rasa cemas seseorang? Berikut ulasannya, seperti dilansir Medicmagic..

Asparagus

Antioksidan dan vitamin menjadi faktor penting untuk mengusir stres dan panik. Dan asparagus termasuk sayuran yang tinggi antioksidan. Asparagus juga mengandung tritofan, asam amino yang penting yang digunakan tubuh untuk memproduksi serotonin.

Menurut Julia Ross, penulis The Mood Cure, kekurangan serotonin dapat menyebabkan timbulnya rasa panik. Tritofan dalam asparagus dapat membantu kita mendapatkan tidur berkualitas dan menjaga mood.

Seledri

Kemampuan seledri untuk menurunkan tekanan darah telah terbukti sejak lama. Nah, Anda juga mesti tahu kegunaan seledri lainnya, yaitu membuat Anda merasa tenang.

Seledri mengandung phthalides, senyawa yang dapat membuat otot-otot arteri menjadi lebih rileks. Senyawa ini mengatur aliran darah yang memungkinkan pembuluh darah membesar, sehingga mengurangi tekanan darah. Gejala seperti ini sering sekali terjadi saat seseorang mengalami stres.

Bayam

Jumlah mikronutrisi dalam sayuran hijau sangatlah tinggi, termasuk vitamin A, vitamin K dan folat, serta mangan dan zat besi. Salah satu vitamin yang tinggi jumlahnya di bayam adalah vitamin C, yang mampu mengurangi stres yang kerap mengganggu.

Ketika Anda mengalami stres, kelenjar adrenal, dimana hormon stres tersimpan akan mengalami kehilangan vitamin C dengan cepat. Nah, mengonsumsi bayam bisa menggantikan vitamin yang hilang tersebut.

Jadi, saat Anda stres, cobalah untuk makan bayam yang terbukti menyediakan lebih banyak nutrisi. Jika Anda kurang menyukainya, Anda bisa menyulap bayam segar dengan sedikit kreatifitas.

Yoghurt

Tidak hanya membantu melancarkan pencernaan, yoghurt juga bisa meningkatkan kandungan serotonin dalam otak yang bisa menurunkan tingkat stress, dan juga membuat Anda merasa tenang. Cobalah dengan yoghurt berbagai rasa agar tidak bosan

Teh Herbal

Teh hitam atau teh herbal tidak hanya membantu menurunkan jumlah kalori, tapi pada saat yang sama juga membantu perbaiki suasana hati Anda. Seperti teh camomile, teh hijau, teh dengan ras abuah bisa menenangkan pikiran Anda.

Buah

Buah-buahan mengandung rasa gula alami, yang jika dikonsumsi dalam jumlah besar pun tidak terlalu mempengaruhi kadar gula tubuh Anda.

Untuk mengurangi rasa stres dan depresi, buah-buahan seperti jeruk dan juga buah tropis lainnya akan membantu meningkatkan energi Anda. [mor]



Sumber :
Inilah.com : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1867403/ini-dia-makanan-penghilang-rasa-stres

Tidak ada komentar:

Translate