Ingin Kulit Awet Muda? Konsumsilah Tomat

KAMIS, 07 JUNI 2012 | 21:36 WIB

TEMPO.CO, London - Lupakan krim kulit mahal jika ingin kulit awet muda. Menurut penelitian profesor dari Newsastle University, tomat dapat memberikan pertahanan terbaik untuk menjaga kulit tampak muda dan mengamankan dari kerusakan akibat sinar matahari.

Pengujian menunjukkan bahwa makan pasta tomat dapat membantu melindungi kulit terbakar dan penuaan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Adalah kandungan lycopene - pigmen alami yang membuat tomat berwarna merah - yang memberi khasiat itu. Dalam tomat, lycopene berada dalam tingkat tertinggi.

Profesor Mark Birch-Machin dari Newcastle University, menyajikan rincian penelitian hari ini di Royal Society of Medicine di London.

Dalam studi tersebut, perempuan yang rutin mengonsumsi tomat olahan memiliki kulit yang terlindung, terlihat dari penurunan kemerahan kulit dan kerusakan DNA akibat terpapar sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

Dalam penelitian ini, para ahli membandingkan kulit 20 perempuan. Setengah dari mereka diberi lima sendok makan (55 gram) pasta tomat dengan 10 gram minyak zaitun setiap hari selama 12 minggu.

Efek pada kulit mereka dibandingkan dengan para relawan yang tak mendapat perlakuan itu; mereka sama-sama berusia antara 21 hingga 47 tahun sementara kelompok lain hanya mengonsumsi minyak zaitun untuk jangka waktu yang sama.

Para peneliti menemukan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan kulit untuk melindungi diri terhadap UV di antara mereka yang makan pasta tomat. Dibandingkan dengan kelompok pembanding, kelompok pemakan tomat memiliki 33 persen lebih perlindungan terhadap sengatan matahari dalam bentuk kurangnya kemerahan.

Para peneliti menghitung bahwa perlindungan yang ditawarkan oleh pasta tomat setara dengan tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) sebesar 1,3.

Kulit sampel yang diambil dari kelompok sebelum dan sesudah percobaan juga menunjukkan peningkatan tingkat procollagen, molekul yang memberi struktur kulit dan hilangnya faktor yang menyebabkan penuaan kulit dan kurangnya elastisitas.

Mereka juga menunjukkan hanya sedikit kerusakan pada DNA mitokondria di kulit, yang juga diyakini terkait dengan penuaan kulit. Lycopene juga dikenal sebagai antioksidan kuat.



TRIP B | DAILY MAIL



Sumber :
Tempo.co - http://www.tempo.co/read/news/2012/06/07/060409141/Ingin-Kulit-Awet-Muda-Konsumsilah-Tomat

Tidak ada komentar:

Translate