Mata Tajam Berkat Ikan

Bramirus Mikail | Asep Candra | Rabu, 6 Juni 2012 | 09:06 WIB

KOMPAS.com - Ini adalah kabar baik bagi Anda yang gemar mengonsumsi ikan. Riset terbaru para ilmuwan di Kanada menemukan bahwa memilih konsumsi ikan yang mengandung asam lemak esensial sebagai menu rutin dapat mencegah hilangnya pengelihatan terkait dengan bertambahnya usia.

Dalam kajiannya, peneliti melakukan percobaan pada tikus yang diberi asam lemak omega-3, dikenal sebagai asam docosahexaenoic atau DHA. Tim peneliti dari University of Alberta menemukan bahwa kandungan nutrisi lemak esensial yang ditemukan pada ikan seperti ikan salmon dapat mencegah penumpukan toksin yang biasanya meningkat dua kali lipat seiring bertambahnya usia seseorang.

Pada penuaan normal, kehilangan penglihatan biasanya disebabkan hasil dari akumulasi molekul beracun di bagian belakang mata yang terbentuk di retina.

Hasil temuan ini telah dipublikasikan pada pekan lalu. Peneliti berpendapat temuan mereka adalah yang terbaru untuk membangun sebuah riset dan melihat sejauh manfaat asam lemak omega-3 dapat mengatasi penyakit akibat penuaan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada awal tahun dalam journal Neurology menemukan bahwa diet rendah omega-3 asam lemak dapat menyebabkan penuaan otak lebih cepat.

Penelitian lainnya yang dipublikasikan pada tahun lalu dalam Archives of Ophthalmology juga menemukan bahwa konsumsi secara teratur ikan dan asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi risiko mengalami degenerasi makula pada wanita yang berkaitan dengan usia, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya penglihatan sentral dan merupakan penyebab utama kebutaan pada orang berusia di atas 50 tahun.

Sumber :newsmaxhealth
Kompas.com:http://health.kompas.com/read/2012/06/06/09062751/Mata.Tajam.Berkat.Ikan

Tidak ada komentar:

Translate