Berbagai Jenis Susu dan Khasiatnya

Friday, 08 June 2012, 18:36 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, Susu merupakan salah satu minuman yang sudah sangat terkenal, minuman ini bahkan dinobatkan sebagai pelengkap untuk makanan 4 sehat 5 sempurna. Ada banyak jenis susu yang beredar luas, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Susu Sapi

Susu sapi biasanya tersedia dalam dua jenis yakni susu full lemak dan susu rendah lemak. Susu sapi merupakan susu yang tinggi kalsium dan kaya protein. Penelitian menunjukkan susu sapi rendah lemak dapat mengurangi risiko kanker usus besar, osteoporosis, dan diabetes tipe 2.

Sebuah studi yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan, mereka yang mengkonsumsi susu tanpa lemak dalam jumlah tinggi menurunkan resiko tekanan darah tinggi sebesar 50 persen. Namun susu full lemak mengandung lemak jenuh tinggi.

Konsumsi susu sapi tinggi lemak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Susu Kambing

Susu kambing mengandung protein dan lemak yang berbeda dengan susu sapi. Susu kambing lebih mudah dicerna untuk beberapa orang dibanding susu sapi. Susu kambing mengandung fosfor tinggi, seng, lemak esensial.

Susu kambing juga mengandung kalium, magnesium, besi dan kalsium seperti susu sapi. Sebuah studi di Universitas Granada menunjukan, minum susu kambing secara teratur dapat mengurangi kadar kolesterol dan membantu mereka yang sering anemia. Sebab susu ini membantu regenerasi hemoglobin.

Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan susu yang di buat dan bukan dihasilkan dari hewan. Ini merupakan susu buatan yang paling populer. Susu kedelai secara tradisional terbuat dari campuran kedelai dan air. Susu ini bebas laktosa, namun kaya kalsium dan protein. Baiknya lagi, susu ini mengandung lemak jenuh.

Namun ada kontroversi terkait susu ini, yakni efek kedelai pada kesehatan hormon perempuan. Ahli Gizi Lisa Guy mengatakan susu kedelai tak baik untuk bayi dan anak muda terutama perempuan. Sebab menurut Guy, konsumsi susu kedelai dalam jumlah tinggi pada wanita berpotensi mengganggi produksi hormon.

Susu Gandum

Jika Anda tak menyukai kacang-kacangan atau susu murni, rasanya Anda bisa mencicipi susu gandum yang ringan. Meski ringan susu oat kaya serat, asam folat, vitamin E, dan phytochemical. Semua kandungan tersebut mencegah penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Para peneliti dari Universitas Tufts Boston menemukan, bahwa antioksiden dalam gandum dapat mencegah penyakit jantung koroner. Susu gandum bebas laktosa dan kolesterol serta rendah lemak jenuh. Namun susu ini tak bebas gluten dan mengandung lebih sedikit protein dibanding susu sapi.

Redaktur: Yudha Manggala P Putra
Reporter: Gita Amanda
Sumber: Couriermail.com.au
Republika Online - http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/12/06/08/m5aqwo-berbagai-jenis-susu-dan-khasiatnya

Tidak ada komentar:

Translate