Sinar Matahari Turunkan Risiko Stroke

RABU, 30 MEI 2012 | 10:04 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Mendapatkan sinar matahari yang cukup dan mengkonsumsi makanan kaya vitamin D menurunkan peluang terkena stroke, demikian sebuah penelitian terbaru mengungkapkan.

Para ilmuwan dari Amerika menemukan bahwa kekurangan vitamin D–yang secara alami diproduksi kulit ketika terpapar sinar matahari dan juga didapatkan dari kacang-kacangan dan minyak ikan–bisa meningkatkan risiko terkena stroke hingga lebih dari 20 persen.

Dalam tulisan di jurnal Stroke milik American Heart Association, Dr Gotaro Kojima dan rekan-rekannya dari University of Hawaii menyatakan, “Berdasarkan hasil temuan kami dan juga penelitian epidemiologis lainnya, konsumsi vitamin D lebih tinggi atau suplemen vitamin D bisa bermanfaat untuk mencegah stroke.”

Menurut para ilmuwan tersebut, seperti dikutip Telegraph, fakta menunjukkan bahwa sekitar 25 persen orang dengan kadar vitamin D terendah mempunyai risiko 22 persen terkena stroke. Rendahnya level vitamin D seseorang meningkatkan peluang terjadinya stroke yang dikenal dengan sebutan ischaemic stroke (gumpalan darah menyumbat pembuluh darah di otak).

Namun, rendahnya kadar vitamin D ini tidak berpengaruh terhadap tipe stroke lain yang dinamakan haemorrhagic stroke dan disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak.

Tim dari University of Hawaii mendasarkan kesimpulan mereka dari studi selama 34 tahun terhadap 7.500 orang pria keturunan Amerika-Jepang berusia pertengahan dan lanjut yang hidup di Kepulauan Hawaii tersebut. Partisipan dalam penelitian ini diperingkat berdasarkan kadar vitamin D yang mereka konsumsi dan bukan berdasarkan paparan sinar matahari yang mereka dapatkan.

Dr. Kojima mengatakan bahwa mendapatkan vitamin D dari makanan maupun suplemen penting bagi mereka yang berusia lanjut karena mensintesis sinar matahari menjadi sulit saat usia menua. “Hasil penelitian kami mengkonfirmasi bahwa konsumsi makanan kaya vitamin D bermanfaat untuk mencegah stroke,” kata dia.

ARBA’IYAH SATRIANI



Sumber :
Tempo.co : http://www.tempo.co/read/news/2012/05/30/060407086/Sinar-Matahari-Turunkan-Risiko-Stroke

Tidak ada komentar:

Translate